Rachmawati Soekarnoputri Meninggal, Ini Kenangan Para Tokoh Tentangnya

Yorksundaynews – Diah Pramana Rachmawati Soekarno lahir pada 27 September 1950, dan merupakan Putri proklamator Indonesia, Ir Sukarno. Rachmawati Soekarnoputri juga merupakan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno dan salah satu pendiri Universitas Bung Karno.

Pada hari Sabtu, 3 Juli 2021, tepatnya pukul 06.15 WIB, Rachmawati Soekarnoputri dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Gatot Subroto. Sejumlah tokoh politik pun menyatakan belasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian perempuan yang saat ini sedang menjabat sebagai wakil ketua dewa pembina partai Gerindra tersebut.

Selain menyampaikan belangsungkawa, tokoh-tokoh penting nasional ini juga menceritakan kenangan mereka bersama mendiang almarhumah Rachmawati Soekarnoputri.

Kenangan Para Tokoh Politik Bersama Rachmawati Soekarnoputri

Megawati Seokarnoputri Belajar Menari Bersama Adiknya

Di antara orang yang paling berduka atas kepergian Rachmawati Soekarnoputri tidak lain adalah kakaknya, yakni Megawati Soekarnoputri. Megawati yang saat ini sedang menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan tersebut mengungkapkan dukacita yang mendalam atas wafatnya sang adik.

Pesan itu ia sampaikan secara resmi di Mpo88 melalui Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Hasto menyampaikan bahwasannya Megawati mengenang sosok Rachmawati sebagai seorang adik yang tumbuh dan besar di Istana Negara semasa ayahnya menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Mereka sama-sama berjuang sekaligus meneladani pemikiran sang Soekarno yang merupakan proklamator kemerdekaan bangsa Indonesia. Megawati tidak bisa melupakan momen bersama adiknya yang belajar menari bersama.

Prabowo Subianto

Melalui keterangan tertulis, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Rachmawati adalah sosok yang paling sering mengingatkan Prabowo berjuang seusai jalan yang dicita-citakan Soekarno dan pahlawan kemerdekaan lainnya.

Rachmawati selama ini juga dikenal sebagai sosok yang sangat teguh dalam menjunjung nilai-nilai persatuan. Menurutnya, setiap perjuangan politik yang dilakukan Partai Gerindra harus semata-mata demi kesejahteraan rakyat. Prabowo pun langsung melayat ke rumah duka setelah kunjungan kerja ke luar negeri menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan.

Susilo Bambang Yudhoyono

Melalui unggahan di facebook, mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan belasungkawa atas kepergian Rachmawati Soekarnoputri. Selain itu, SBY juga mengenang perkenalannya secara pribadi dengan anak Presiden Sukarno tersebut.

Perkenalan itu terjadi kurang lebih sudah 20 tahun lamanya. Waktu itu, Rachmawati meminta SBY yang sedang menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan agar menyampaikan pidato dalam acara haul Bung Karno ke-100.

Rachmawati meminta SBY untuk pidaot mengenai Tri Sakti Bung Karno. Sebagi orang yang mengikuti pemikiran-pemikiran bung karno sejak kecil, SBY dengan senang hati menerima permintaan tersebut.

Saat menjabat sebagai presiden, SBY sangat senang almarmumah mau menjadi Dewan Pertimbangan Presiden sejak tahun 2007 hingga 2009. Menurut SBY, Rachmawati telah menjalankan amanah yang diberikan oleh negara tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab. Banyak pertimbangan dan usulan dari Rachmawati kepada SBY semasa menjabat.

Saat Partai Demokrat mengalami kekisruhan internal. Di mana ada isu pengambilalihan kepemimpinan partai yang sedang dipimpin putranya Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Rachmawati berkunjung ke Cikeas dan menemui SBY.

Dia menyampaikan simpati dan empati kepada keluarga besar Partai Demokrat yang tengah menghadapi cobaan dan ujian sejarah. SBY pun terharu dengan tindakan Rachmawati yang mau dan menyempatkan diri menemuinya.

Selamat jalan, Ibu Rachmawati, menuju ke haribaan Sang Khaliq. Semoga Ibu hidup dengan teduh dan tenang di sisi Allah, serta dalam pengampunan dan kasih sayang-Nya. Amin,” tulis SBY di akun facebooknya.