6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Kita

Ilustrasi : Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe merupakan tanaman yang bagian rizoma atau rimpangnya sering dimanfaatkan sebagai bumbu. Ragam masakan Indonesia banyak menggunakan Judi Mpo 888 rempah-rempah ini sebagai salah satu bahan penyedapnya. Akan tetapi, selain membuat masakan menjadi lebih lezat, ternyata jahe juga diketahui memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Berikut merupakan enam manfaat yang dapat dirasakan tubuh setelah mengonsumsi jahe.

Menjaga kesehatan mulut

Kesehatan mulut merupakan hal yang sangat penting. Mulut merupakan organ yang sangat sering terpapar oleh zat asing sehingga kita harus menjaga bagian-bagiannya dengan sangat baik. Tak jarang orang mengalami gangguan karena bakteri yang berkembang di mulut. Jahe memiliki kandungan aktif anti bakterial yang disebut gingerol. Zat tersebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Dengan memakan jahe secara teratur, penyakit periodontal dan infeksi gusi dapat dicegah.

Meredakan rasa mual

Rasa mual merupakan sesuatu yang sangat mengganggu. Individu yang merasakan perasaan mual biasanya akan mengalami kesulitan untuk beraktivitas secara normal. Perut cenderung tidak nyaman sehingga ketika diisi oleh makanan justru rasa ingin muntah muncul. Rasa mual sering disebabkan oleh gas yang berkumpul di usus. Gangguan ini cukup lumrah terjadi pada wanita yang sedang hamil atau pasien yang sedang menjalani perawatan seperti kemoterapi. Jahe memiliki khasiat untuk membuat rasa begah di perut berkurang.

Mengurangi rasa pegal

Terkadang Anda merasakan tubuh pegal-pegal ketika beraktivitas terlalu keras sebelumnya. Tubuh yang pegal membuat seseorang kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan mengonsumsi jahe, rasa pegal pada otot dapat dikurangi. Dampaknya tidak akan langsung dirasakan setelah mengonsumsi jahe, namun secara bertahap perubahan akan dirasakan. Salah satu alasan yang menyebabkan jahe bermanfaat mengurangi nyeri otot adalah kandungan anti-inflamasi di dalamnya.

Menurunkan tingkat konsentrasi gula darah

Ketika banyak mengonsumsi makanan yang manis, konsentrasi gula di dalam darah akan meningkat, terutama jika jenis gula yang dikonsumsi adalah gula sederhana. Ketika kadar gula dalam darah sangat tinggi, akan terjadi kesulitan pada tubuh untuk melakukan metabolisme dengan baik. Jahe mengandung komponen yang mampu menstimulasi produksi hormon insulin. Hormon ini membantu membuat proses metabolisme menjadi lebih lancar dan kondisi gula darah lebih stabil.

Mencegah berbagai macam penyakit internal

Terkadang tubuh menjadi sangat rentan akan penyakit, baik disebabkan oleh faktor genetik maupun gaya hidup tertentu. Jahe merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam jumlah yang sesuai mampu meredakan kerusakan-kerusakan pada sel tubuh. Ketika sel tubuh yang sehat banyak, maka tubuh akan lebih mudah menangkal berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, gangguan paru-paru, hingga penyakit-penyakit kardiovaskular.

Mengurangi rasa sakit saat menstruasi

Menstruasi merupakan momok bagi sebagian wanita karena ada sebuah kondisi yang dikenal sebagai dismenorea. Dismenorea merupakan rasa sakit yang terkadang bisa membuat wanita yang mengalami menstruasi tidak mampu melakukan aktivitas selayaknya normal. Terkadang dismenorea disertai nyeri otot, sakit kepala, dan juga rasa mual. Jahe mampu meredakan dismenorea beserta gejala-gejala yang menyertainya.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi jahe. Cara paling sederhana adalah menggunakannya di dalam masakan. Banyak sekali resep masakan yang menggunakan jahe. Cara lain untuk mengekstrak khasiat jahe adalah membuat teh jahe. Teh jahe nikmat untuk diminum begitu saja, namun jika lebih suka minum dengan sedikit pemanis maka dapat menambahkan madu atau gula batu.