Wajib Tahu, Syarat Penerima Vaksin Covid-19 Terbaru

Yorksundaynews – Salah satu cara penanganan pandemi Covid-19 dilakukan dengan mengadakan vaksinasi massal untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pemerintah pun semakin memperbanyak stok vaksin agar penyebaran vaksin bisa merata. Nah, hal yang perlu Anda pahami jika akan mengikuti vaksinasi adalah harus memenuhi syarat penerima vaksin Covid-19 sesuai dengan anjuran pemerintah. Ya, masyarakat yang ingin divaksin memang bisa langsung mendaftarkan diri ke posko vaksin yang ada di wilayah masing-masing. Namun, tidak sembarang orang bisa langsung divaksin karena ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Jika semua syarat tersebut bisa dipenuhi, maka orang tersebut dikatakan layak mendapatkan vaksin. Lalu, apa saja syarat tersebut?

Inilah Syarat Penerima Vaksin Covid-19 Yang Wajib Dipenuhi

1. Tidak terkonfirmasi positif Covid-19

Penerima vaksin tidak boleh dalam kondisi positif terpapar Covid-19. Jika sedang atau pernah mengalami positif Covid-19, maka vaksinasi hanya boleh dilakukan minimal 3 bulan setelah terkonfirmasi positif.

2. Usia di atas 18 tahun

Saat ini, vaksinasi diperuntukkan bagi masyarakat yang usianya sudah di atas 18 tahun. Sementara itu, usia di bawah 18 tahun mengikuti vaksinasi khusus anak-anak yang akan segera diselenggarakan secara massal di seluruh Indonesia.

3. Tekanan darah normal

Sebelum melakukan vaksinasi, calon penerima vaksin akan dicek tekanan darahnya. Tekanan darah yang memenuhi syarat untuk mengikuti vaksinasi adalah di bawah 180/110 mmHg. Jika tekanan darah di atas angka tersebut, maka vaksinasi harus ditunda sampai normal.

4. Tidak sedang hamil

Bagi ibu hamil, kegiatan vaksinasi tidak boleh dilakukan. Vaksin hanya boleh diberikan setelah ibu hamil melahirkan. Sementara itu, ibu menyusui diizinkan untuk divaksinasi.

5. Tidak mengidap penyakit kronik

Orang yang mengidap penyakit kronik seperti penyakit jantung, penyakit paru, penyakit hati, dan gangguan ginjal tidak boleh mengikuti vaksinasi. Sementara itu, jika memiliki riwayat alergi seperti bengkak, sesak napas, dan reaksi berat lainnya akibat vaksin, maka vaksinasi hanya bisa diberikan di rumah sakit. Jika mengalami reaksi berat setelah divaksin, maka tidak diberikan vaksin dosis kedua.

6. Tidak sedang demam

Sebelum dilakukan vaksinasi, petugas vaksinasi akan melakukan skrining kesehatan terlebih dahulu. Jika ternyata Anda sedang demam atau memiliki suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat, maka vaksinasi harus ditunda. Jika penyebab suhu tinggi bukan karena Covid-19 dan suhu tubuh sudah mulai normal, maka vaksinasi bisa dilakukan.

7. Tidak mengidap penyakit paru

Bagi pengidap penyakit paru seperti TBC, asma, dan PPOK tidak diizinkan untuk melakukan vaksinasi. Kegiatan vaksinasi bagi pengidap penyakit paru harus ditunda sampai kondisi kesehatan sudah dinyatakan baik.

8. Tidak sedang mendapat vaksinasi lain

Jika sedang mendapatkan vaksinasi jenis lainnya selain vaksin Covid-19 yang dilakukan kurang dari sebulan terakhir, maka vaksinasi Covid-19 harus ditunda. Vaksinasi baru boleh diberikan setelah satu bulan dari pemberian vaksin sebelumnya.

9. Lansia harus memenuhi skrining tambahan

Lansia yang berusia di atas 60 tahun akan mendapatkan skrining tambahan. Beberapa skrining yang dilakukan adalah terkait penyakit yang dialami seperti hipertensi, nyeri dada, asma, stroke, ginjal, kanker, penyakit paru kronik, diabetes, serangan jantung, dan kongesti. Selain itu, ada juga skrining terkait berat badan, kesulitan berjalan, naik tangga, dll.

Nah, itu dia beberapa syarat penerima vaksin Covid-19 terbaru. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan tersebut jika akan melakukan vaksinasi. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu jika saat ini sedang mengidap penyakit tertentu sebelum divaksin. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan setelah divaksin. Dilansir dari : Slot Online Deposit Pulsa Terpercaya