Putuskan Perpanjangan PPKM Lagi, Luhut : “Akan Terus Diperpanjang”

PPKM memang banyak membuat warga resah. Bukan karena tidak bisa diam di rumah, tetapi kegiatan ekonomi yang terganggu membuat tidak banyak pihak yang kesulitan dengan kondisi ini. Bantuan dari pemerintah yang juga seret di pembatasan kali ini jadi salah satu penyebab banyak masyarakat makin resah dengan nasibnya.

Sayangnya hal ini tidak bisa di hindari terkait dengan gelombang kedua Covid 19 yang sedang melanda Indonesia. Meski banyak yang mengeluh pemerintah tidak segan melakukan perpanjangan PPKM level 2, 3 dan 4 hingga 23 Agustus 2021 mendatang

Kabar perpanjangan PPKM di Indonesia

Meski tidak sedikit masyarakat yang mengeluh dengan beratnya tantangan di kala PPKM ini, akan tetapi pemerintah seakan tidak memiliki cara lain untuk menghentikan sementara aktivitas masyarakat untuk mengurangi kemungkinan penularan. Hal ini adalah hal yang wajar, yang tidak wajar adalah makin banyak masyarakat yang bosan dengan perintah pemerintah yang seakan tidak ada dampaknya ini.

Pada tanggal 16 Agustus kemarin, menko kemaritiman dan investasi menyatakan bahwa pemerintah akhirnya meresmikan untuk memperpanjang PPKM hingga tanggal 23 Agustus 2021 mendatang. Akan tetapi ada serangkaian aturan baru pada PPKM kali ini.

Beberapa aturan baru dalam PPKM lanjutan

Seperti disebutkan sebelumnya, ada beberapa hal yang berbeda pada aturan PPKM kali ini. Beberapa aturan baru ini antara lain adalah :

  1. Aturan mengenai aktivitas PPKM di Mall

    Salah satu aturan baru yang berhubungan dengan kegiatan PPKM lanjutan ini adalah mengenai aktivitas di Mall. Salah satu aturan ini adalah mengenai persentase banyaknya pengunjung yang diperbolehkan masuk ke Mall. Dalam aturan PPKM kali ini, setiap Mall boleh beroperasi dengan maksimal pengunjung 50% dari jumlah totalnya.

    Selain aturan mengenai jumlah pengunjung maksimal, aturan PPKM baru ini juga mengatur perbolehkan makan di tempat oleh para pengunjung. Adapun aturan dalam dine in yang diperbolehkan dalam uji PPKM kali ini adalah 1 meja hanya boleh di isi dengan 2 orang saja.
  2. Aturan baru PPKM dalam hal olahraga luar ruangan

    Selain kegiatan atau aktivitas olahraga luar ruangan. Olahraga luar ruangan saat ini diperbolehkan. Hanya saja aktivitas yang diperbolehkan adalah aktivitas yang sifatnya individu, bukan tim seperti sepak bola atau futsal. Selain itu, untuk melakukan olahraga luar ruangan ini juga dibatasi. Dalam sebuah kegiatan olahraga, peserta tidak boleh lebih dari 4 orang.

    Bukan hanya di batasi dalam jumlah. Akan tetapi dalam olahraga ini juga tidak boleh dilakukan olahraga dengan kontak fisik, misalnya olahraga bela diri. Olahraga ini adalah olahraga yang masuk dalam olahraga yang tidak diperbolehkan.

    Aturan ini merupakan aturan yang diperbolehkan pada daerah-daerah yang maksud dalam PPKM level 4. Selain itu, kota atau kabupaten yang memasuki PPKM level 3 juga diperbolehkan.
  3. Aturan PPKM lanjutan terkait kegiatan ibadah

    Hal lain yang dibahas juga dalam aturan PPKM lanjutan ini adalah mengenai aktivitas ibadah. Bukan hanya Mall, tempat dan aktivitas ibadah juga mendapatkan peningkatan. Menurut Menko, pemerintah kini memperbolehkan peningkatan kapasitas tempat ibadah hingga ke 50%.

    Kegiatan yang berhubungan dengan ibadah yang dahulu tidak diperbolehkan untuk membentuk kerumunan, kini sudah diperbolehkan terutama untuk beberapa daerah dan kota. Kota yang diperbolehkan melakukan aktivitas ini adalah kota yang masuk ke level PPKM 4 dan level PPKM 3.

Berapa lama lagi PPKM akan di perpanjang?

Banyak pihak yang hingga saat ini masih merasa tidak nyaman dengan adanya PPKM. Hal ini disebabkan karena PPKM memang berdampak pada banyak aspek. Hal ini menyebabkan banyak pertanyaan mengenai sampai kapankah PPKM ini akan diperpanjang?

Jawabannya adalah perpanjangan PPKM ini akan Mpo88 dilakukan dalam waktu yang tidak di tentukan. Hal ini diungkapkan oleh Luhut sendiri. Menurut Luhut, PPKM ini akan terus diperpanjang selama Covid 19 masih mengancam dan menjadi pandemi. Pasalnya karena penularan Covid 19 yang sangat mudah dan virus yang terus berevolusi membuat pembatasan pergerakan atau mobilitas merupakan satu-satunya cara mengatasi Covid 19 ini.

Oleh karena itu, untuk menghindari penyebaran Covid 19 semakin menjadi dan menghindari PPKM terus diperpanjang, satu-satunya upaya yang bisa dilakukan adalah mengikuti kegiatan vaksinasi dan terus menerapkan protokol kesehatan.