Petunjuk Konsumsi Obat Cacing pada Anak

Yorksundaynews – Cacingan adalah gangguan kesehatan yang umumnta menyerang anak-anak berumur 5 hingga 10 tahun. Tak hanya memberikan tanda yang mengganggu, munculnya penyakit ini juga memiliki dampak cukup serius dalam nutrisi serta tumbuh kembangnya. Supaya aman, berikut adalah beberapa panduan aman konsumsi obat cacing pada anak.

Itulah kenapa orang tua dianjurkan agar segera memeriksakan anaknya ke dokter jika memperlihatkan gejala atau tanda-tanda cacingan. Saat anak dipastikan terserang cacingan, maka ibu dapat langsung mengobati kondisi ini cengan bantuan seperti obat cacing. Tapi, memberikan obat cacing kepada anak tak boleh sembarangan.

Pahami Anak Terserang Cacingan

Meski infeksi cacing dapat terjadi kepada siapa saja, namun anak-anak jadi kelompok yang sangat beresiko mengalaminya. Hal ini dikarenakan biasanya mereka cenderung sering bermain di tanah, tempat dimana cacing ditemukan. Selain itu juga, anak-anak belum mempunyai kesadaran yang bagus agar bisa menjaga kebersihannya sendiri.

Ada beberapa macam cacing yang umumnya menginfeksi usus seseorang, diantaranya adalah cacing tambang, cacing kremi, cacing gelang, dan cacing pita. Anak-anak dapat terinfeksi salah satunya saat mereka tak sengaja memasukkan telur cacing yang berada di kuku atau di tangan kedalam mulut.

Selepas tertelan, telur tersebut bakal masuk kedalam usus kecil, tempat dimana cacing menetas lalu bertelur disekitar anus. Hal ini dapat membuat pantas anak ibu terasa gatal.

Di kasus anak wanita, kadang cacing dapat masuk kedalam vagina lalu membuat area itu merasa gatal. Jika anak menggaruk pantat selanjutnya menyentuh mulut, maka mereka dapat menelan telur kembali yang mengakibatkan siklus ini berulang-ulang.

Berikut adalah beberapa langkah umum yang mengakibatkan anak-anak dapat terserang cacingan:

  • Malas mencuci tangan
  • Minum air yang telah terkontaminasi dan yang tak dimasak sampai matang
  • Mengkonsumsi daging atau ikan setengah matang dari hewan yang sebelumnya terinfeksi atau sayuran dan buah yang belum matang
  • Hewan peliharaan terkadang juga dapat membawa cacing parasit yang dapat menularkannya kepada anak dengan mudah
  • Bermain di tanah penuh cacing

Cacing usus atau cacing parasit berkembangbiak di lingkup yang kurang higienis. Biasanya, saatanak-anak menyentuh berbagai benda, seperti halnya mainan yang ada Agen Slot cacing, telur cacing menempel di tangan lalu masuk kedalam tubuh saat mereka memakan atau menyentuh mulut secara langsung tanpa lebih dulu mencuci tangan

Panduan Konsumsi Obat Cacing pada Anak dan Pilihan Obat Cacing

Untungnya, cacingan yang dialami anak dapat diatasi dengan memberi obat cacing ataupun obat anthelmintik agar bisa mengeluarkan cacing didalam tubuh. Proses pengeluaran cacing ini disebut dengan istilah deworming.

Beberapa opsi obat cacing pada anak adalah sebagai berikut:

  • Albendazole

Obat mengatasi infeksi cacing gelang. Dosis tunggal obat ini dapat diberikan kepada anak berumur 12 bulan sampai 12 tahun.

  • Mebendazole

Obat ini dapat dipakai mengobati beberapa infeksi cacingan kepada anak. Menurut WHO, dosis tunggal obat ini [500mg] juga dapat diberikan pada semua anak berumur 12 hingga 23 bulan, anak berumur 1 hingga 4 tahun, dan 5 hingga 12 tahun.

  • Reeseā€™s Pinworm

Obat cacing pada anak yang ukurannya lebih besar.

  • Zentel 400mg

Obat cacing pada anak diatas usia 2 tahun

  • Zentel suspension

Sirup untuk anak dibawah umur 2 tahun

Itu saja penjelasan mengenai konsumi obat cacing pada anak dan beberapa pilihan obat cacing. Supaya aman, ibu sangat dianjurkan memberi obat kepada anak sesuai dosis serta petunjuk pemakaian yang diberikan oleh dokter.