5 Gejala Demam Berdarah Yang Tidak Boleh Diabaikan

Yorksundaynews – Banyak kasus demam berdarah yang meregang nyawa penderita karena tidak mendapatkan penanganan yang tepat dengan segera. Hal ini disebabkan karena gejala demam berdarah seringkali diabaikan dan dianggap sakit flu atau demam biasa. Padahal, gejala demam berdarah memiliki beberapa ciri khas yang membedakan dengan gejala penyakit lainnya. Agar tidak terlambat dalam memberikan penanganan kepada penderita, maka sangat penting untuk mengenali apa saja gejala penyakit demam berdarah. Lalu, apa saja gejala paling khas dari demam berdarah?

Inilah 5 Gejala Demam Berdarah yang Wajib Diketahui

1. Demam Tinggi

Pada dasarnya, banyak sekali penyakit atau masalah kesehatan yang ditandai dengan gejala demam tinggi. Namun, gejala demam tinggi yang terjadi pada pasien demam berdarah memiliki karakteristik yang berbeda. Biasanya, demam terjadi secara perlahan dimana suhu tubuh naik sedikit demi sedikit. Hal ini tidak terjadi pada pasien demam berdarah dimana kenaikan suhu tubuh terjadi secara mendadak. Selain itu, kenaikan suhu tubuh pada pasien DBD juga umumnya lebih tinggi daripada demam karena sakit lainnya. Biasanya, demam berdarah menyebabkan suhu tubuh penderita naik hingga mencapai lebih dari 40 derajat celcius.

2. Nyeri Sendi dan Otot

Gejala khas lainnya dari demam berdarah adalah pasien akan merasakan nyeri sendi dan otot. Selain mengalami nyeri sendi dan otot, penderita juga akan merasakan tubuhnya berkeringat dan menggigil. Umumnya, gejala ini akan muncul setelah 4 – 10 hari virus dengue memasuki tubuh penderita.

3. Sakit Kepala

Setelah mengalami demam, pasien demam berdarah juga akan mengalami gejala pusing atau sakit kepala. Bahkan, sakit kepala terjadi sangat parah dan biasanya terasa di sekitar dahi. Selain merasa sakit kepala hebat, penderita DBD umumnya juga akan merasakan nyeri di bagian belakang mata. Biasanya, dokter akan menyarankan pasien DBD untuk mengonsumsi obat sakit kepala agar gangguan ini bisa mereda untuk sementara.

4. Muntah

Mual dan muntah juga bisa dialami oleh pasien demam berdarah. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Mual dan muntah terjadi karena adanya masalah pada sistem pencernaan. Hal ini akan membuat penderita merasa tidak nyaman di bagian punggung maupun perut Judi Online. Umumnya, gangguan ini akan terjadi selama 2 – 4 hari setelah virus dengue menyerang tubuh pasien.

5. Kelelahan

Saat mengalami masalah pencernaan, pasien demam berdarah akan kehilangan nafsu makan. Akibatnya, tubuhnya menjadi tidak bertenaga dan selalu merasa kelelahan. Karena kurang mendapatkan asupan makanan yang cukup, maka sistem imun tubuh bisa semakin melemah. Selain itu, demam tinggi dan sakit kepala yang dirasakan oleh penderita juga membuat daya tahan tubuhnya semakin menurun. Maka dari itu, pasien demam berdarah harus tetap mendapatkan asupan makanan bernutrisi serta memperbanyak konsumsi air putih agar tubuhnya tidak semakin melemah.

6. Ruam Kemerahan

Satu lagi yang menjadi gejala khusus dari penyakit demam berdarah, yaitu munculnya ruam-ruam di kulit berwarna kemerahan. Ruam kemerahan bisa dibilang sebagai gejala paling khas dari demam berdarah, sehingga sangat mudah diamati dan dikenali. Biasanya, ruam kemerahan tersebut muncul di sekitar tangan, kaki, wajah, dan juga dada. Gejala ini umumnya dimulai sejak hari ketiga dan dapat berlangsung selama 2 – 3 hari.

Itu dia beberapa gejala demam berdarah yang wajib Anda ketahui. Dengan mengenal dan memahami apa saja gejala demam berdarah, maka Anda bisa memberikan pertolongan secepatnya jika ada orang-orang tersayang yang menunjukkan gejala tersebut. Segera kunjungi dokter jika ada saudara, teman, atau kerabat yang menunjukkan gejala serupa untuk diberikan penanganan secepatnya.