4 Tips Menjaga Kesehatan Lambung

yorksundaynews – Hampir semua orang pasti tidak asing dengan penyakit maag, yang memang juga erat hubungannya dengan kesehatan lambung. Namun yang penting diketahui yakni dalam kesehatan, sebenarnya asam lambung pun juga membawa manfaatnya sendiri bagi tubuh kita loh. Maka asal kita menjaga dan mengendalikannya dengan baik, otomatis ia pun tidak membawa penyakit apapun.

Nah, beberapa manfaat asam lambung bagi kesehatan kita antara lain seperti mengaktifkan salah satu enzim yang berfungsi dalam mengubah protein jadi peptida, yakni enzim pepsin. Kedua, untuk memecahkan protein pula dalam tubuh supaya nantinya mudah dicerna dalam prosesnya di usus halus.

Serta yang ketiga, dapat membunuh beberapa bakteri yang terkandung di makanan yang kita konsumsi, agar terhindar dari infeksi tertentu, dan lain sebagainya. Lalu bagaimanakah cara menjaga kesehatan lambung ini dengan tepat? Baca berikut selengkapnya!

Menjauhkan Perut dari Tekanan yang Berisiko

Untuk tips yang pertama ini sangatlah sering disepelekan oleh kita, karena memang kadang tanpa sadar manusia bisa melakukannya sewaktu-waktu. Jadi menekan perut ini maksudnya dilakukan secara fisik, dimana hal ini biasanya sudah menjadi kebiasaan beberapa orang.

Contohnya saja ketika setelah makan, langsung berbaring tanpa melakukan proses jeda terlebih dahulu. Hal ini sungguh bisa mengakibatkan hal fatal, meskipun terlihat sepele. Karena dengan berbaring ini perut kita pun otomatis juga menekan lambung dan menyebabkannya naik sampai ke kerongkongan.

Sebab itulah, disarankan untuk duduk Judi Online terlebih dahulu setelah makan selama kurang lebih 2 sampai 3 jam, agar makanan pun dapat melewati prosesnya dalam lambung secara lancar, tanpa ada tekanan apapun.

Selanjutnya bagi Anda yang suka memakai ikat pinggang dengan kencang, maupun celana atau kancing baju, silahkan untuk mengendurkannya terlebih dahulu setelah makan ya. Terutama jika Anda makan dalam porsi besar sekaligus, karena hal itu dapat membuat lambung tidak nyaman juga.

Terakhir soal tekanan perut yakni, setelah makan usahakan jangan langsung mengangkat beban yang berat, apalagi sampai menekuk lutut. Mengapa? Sebab hal itu juga dapat membuat perut kita tertekuk dan mengganggu sistem kerja lambung.

Menjaga Kesehatan Lambung dengan Makanan Alami

Sekarang ini, banyak sekali makanan hasil pemrosesan atau pengolahan, sehingga dianggap sudah tidak alami lagi. Padahal lambung kita membutuhkan yang namanya makanan alami untuk diolah, yang juga sekaligus melindunginya dari adanya penyakit pencernaan tertentu. Sebab itu pilihlah makanan alami yang kaya gizi, untuk menu makanan sehari-hari kita seperti sayur dan buah yang benar-benar fresh.

Cobalah Mengendalikan Stres dengan Maksimal

Meskipun setiap manusia hidup dengan tantangannya masing-masing, dan stres tersebut tidak bisa lagi kita hindari, namun ada baiknya cukup dikendalikan saja agar tetap stabil. Karena jika kita terlalu stres, maka ada saja masalah tertentu, baik itu lupa makan, susah tidur, dan sebagainya.

Sebab itu Anda boleh mencoba metode ini untuk mengalihkan stres, seperti meditasi, mengenali diri Anda lebih dalam lagi, mencoba menerima kekurangan dan lebih mencintai diri sendiri, serta mengalihkan stres ini pada aktivitas yang Anda sukai seperti hobi tertentu. Tidak lupa juga teknik pernapasan yang bisa diterapkan setiap harinya!

Tetap Minum Air, Namun Jangan Sampai Kembung

Tips terakhir dalam menjaga kesehatan lambung yakni, minum air putih namun tidak boleh terlalu banyak. Jadi disarankan untuk minum 1 gelas terlebih dulu setelah makan, lalu beri jarak 30 menit dan silahkan minum air secukupnya lagi setelah itu, sesuai anjuran dalam satu harinya. Sebab jika kebanyakan dalam waktu yang singkat tanpa jarak ini, dapat memicu keseimbangan mineral dan naiknya asam lambung.

Sekian ulasan singkat mengenai 4 tips menjaga kesehatan lambung di atas, semoga bermanfaat bagi Anda!