10 Bantuan Pertama Sesak Napas, Harus Dijumpai!

Yorksundaynews – Sesak napas dapat terjadi pada siapapun. Pemicunya bisa juga berbagai macam, dimulai dari asma, alergi sampai infeksi paru-paru. Biasanya, napas sesak dibarengi dengan merasa sakit di dada. Bila ini terjadi pada Anda atau orang paling dekat Anda, apa yang hendak Anda kerjakan? Bantuan pertama napas sesak harus Anda kenali, ingat napas sesak bisa juga mematikan bila tidak diatasi secara baik.

  1. Bawa Anda ke arah tempat yang semakin tenang dan jauh dari keramaian

Saat pasien alami napas sesak, upayakan untuk menjauhi keramaian. Keadaan yang tenang penting untuk jaga keadaan pasien masih tetap stabil.

  1. Panggilan untuk kontributor medis
    Selekasnya panggil untuk kontributor medis saat pasien alami napas sesak. Oleh karenanya, sertakan nomor genting puskesmas atau rumah sakit yang bisa menolong.
  2. Nyaman dengan bentuk duduk
    Buat pasien napas sesak berasa nyaman dalam sikap duduk. Beri ia kembali untuk membuat semakin nyaman. Tempatkan bantal di punggung atau kepala Anda hingga semakin tinggi dari kaki Anda.
  3. Jangan dibiarkan pasien tiduran
    Pemula kemungkinan menyangka jika bentuk tidur ialah kondisi yang nyaman untuk pasien napas sesak. Realitanya ialah itu tidak sama persis. Duduk ialah yang terbaik. Itu penyebabnya dengan duduk, paru-paru lebih gampang megar dan mengisap oksigen.
  4. Ingatkan pasien untuk bernapas dalam dan dalam
    Tenangkan pasien dengan minta perlahan-lahan untuk ambil napas panjang dan dalam. Mempunyai tujuan untuk menarik napas lewat hidung; biarkan Judi Slot sepanjang tiga detik; selanjutnya embuskan lewat mulut.
  5. Lembekkan baju pasien supaya lebih gampang bernafas
    Untuk mempermudah pasien bernafas, lembekkan baju korban. Apa lagi bila dia menggunakan baju yang ketat dan tebal.
  6. Berikan air hangat untuk menghangatkan dada pasien
    Air hangat berperanan untuk kembalikan jalan napas seperti sebelumnya. Berikan air hangat sama sesuai keperluan.
  7. Beri obat untuk kurangi sesak napas
    Bila perlu, beri napas sesak, salbutamol atau nebuliza. Bila memungkinkannya Anda bisa menanyakan ke pasien apa dia sudah mempersiapkan obatnya sendiri.
  8. Pijat ibu jemari pasien
    Jempol kaki ialah titik saraf paru-paru. Pencet 3-5 cm antara ibu jemari pasien. Ini bermanfaat untuk menolong jalan napas pasien normal kembali. Kerjakan dengan perlahan-lahan, tidak boleh terlampau keras hanya karena akan membuat pasien makin akut.
  9. Yakinkan pasien memperoleh pengatasan medis dari pakarnya
    Walau napas sesak dapat stop, yakinkan pasien memeriksa diri ke dokter. Dengan begitu, pasien akan ketahui analitisnya. Apa lagi saat kasus napas sesak ini baru pertama kalinya dirasa.

Itu bantuan pertama napas sesak yang penting dipahami. Bantuan yang pas bisa selamatkan pasien. Tidak ada kelirunya Anda mengingatnya secara baik.