7 Cara Cepat Hilangkan Jerawat Punggung

Yorksundaynews – Jerawat punggung biasanya terjadi saat kelebihan sebum, bakteri, dan beberapa sel kulit mati menimbun di pori-pori, mengakibatkan kemerahan, infeksi, dan noda–mirip dengan jerawat muka.

Tetapi, peralihan hormonal dan kegiatan rutin setiap hari seperti opsi makanan dan baju menjadi pemicu permasalahan jerawat punggung.

Berikut sejumlah tutorial langkah hilangkan jerawat punggung, diambil dari Good Housekeeping, Selasa (28/9/2021).

Hilangkan Jerawat Punggung

  1. Tukar Sprei Anda

Langkah gampang untuk hilangkan jerawat punggung dengan menukar seprai sekitaran satu minggu sekali.

Menurut dokter kulit bersertifikasi di Riverchase Dermatology di Florida, Dr. Chimento, menukar seprai Anda kerap kali berguna karena beberapa sel-sel kulit mati dan bakteri bisa Judi Online secara mudah menimbun di atasnya dalam tadi malam dan membuat iritasi kulit.

  1. Jaga Rambut Masih tetap Bersih

Rambut panjang yang jatuh ke belakang rupanya dapat tingkatkan resiko munculnya jerawat punggung. Ini karena kotoran dan minyak di rambut bisa tutup pori-pori kulit pada bagian belakang.

Oleh karenanya, bila Anda mempunyai rambut panjang, dianjurkan agar semakin kerap mengikat rambut saat melakukan aktivitas dan membersihkan rambut dengan teratur.

  1. Tukar Baju Secara Teratur

Tipe baju tertentu dapat memacu timbulnya jerawat di punggung. Itu karena baju ketat bisa mengalihkan minyak atau bakteri lebih dalam ke pori-pori, dan gesekan dari baju olahraga ketat seperti bra olahraga atau legging dapat membuat iritasi folikel rambut dan mengakibatkan tonjolan merah.

Bila dapat, pakai bahan yang mempernyerap keringat seperti katun atau yang mempernyerap kelembapan. Selalu yakinkan untuk mandi sesudah berkeringat untuk menghindar resiko menutup pori-pori.

Hilangkan Jerawat Punggung

  1. Beri Obat Jerawat

Jerawat di punggung bisa diobati dengan obat jerawat yang dipasarkan bebas, seperti obat jerawat yang memiliki kandungan asam glikolat, asam salisilat, atau benzoil peroksida.

Beberapa obat ada yang berupa cream, salep, atau gel. Beri obat jerawat pada punggung yang berjerawat sekitaran 2x satu hari atau sesuai sama panduan penggunaan produk.

Saat memoleskan obat jerawat di punggung, nantikan sesaat sampai obat menyerap saat sebelum Anda kenakan pakaian.

  1. Turunkan Konsumsi Makanan Tertentu

Makanan yang banyak terkandung gula atau mempunyai index glikemik tinggi dipandang membuat jerawat lebih rawan terjadi.

Oleh karenanya, untuk menyembuhkan jerawat punggung atau pada tempat lain, Anda dianjurkan untuk batasi mengonsumsi makanan dengan index glikemik tinggi, seperti nasi putih, roti putih, mie, kentang goreng, cemilan manis, seperti kue dan es cream, dan minuman enteng..

Hilangkan Jerawat Punggung

  1. Eksfoliasi

Selainnya mandi 2x satu hari, kamu perlu langkah tambahan supaya sel-sel kulit mati di punggung tidak menimbun dan betul-betul terbawa. Triknya dengan eksfoliasi, yakni tehnik mengusung sel-sel kulit mati dengan scrub atau bahan kimia khusus, seperti asam salisilat atau asam glikolat.

Bila punggung Anda tidak berjerawat, Anda dapat lakukan scrub punggung 2x satu minggu. Bila jerawat ada di punggung Anda, kerjakan eksfoliasi secara halus. Tetapi, bila keadaan jerawat di punggung telah terlampau akut, Anda justru perlu menghindar eksfoliasi supaya jerawat punggung tidak berubah kronis.

  1. Memantau pemakaian produk berbahan minyak

Jerawat disebabkan karena produksi sebum atau minyak yang terlalu berlebih di kulit dan tutup pori-pori. Karenanya, lihat pemakaian produk perawatan kulit berbahan berbasiskan minyak, seperti lotion atau tirai surya. Anda harus pilih produk perawatan kulit yang dengan bahan dasar air dan mempunyai cap non-komedogenik.