MENCEGAH PENYAKIT MUNTABER PADA ANAK

Yorksundaynews – Penyakit muntaber adalah penyakit yang disebabkan oleh serangan virus, bakteri, dan parasit yang menyerang kekebalan tubuh orang yang dijangkiti.  Setiap orang bisa terjangkit penyakit ini tak hanya orang dewasa saja anak – anak juga bisa terkena penyakit ini, mencegah muntaber anak harus kamu pelajari.

Virus yang ada pada penyakit muntaber adalah rotavirus dan norovirus. Ada juga semacam bakteri seperti bakteri E.colli dan bakteri Salmonella. Juga ada jenis parasit yang bisa menyebabakan penyakit muntaber ini seperti Giardia, dan Entamoeba.

Meskipun demekian penyakit muntaber ini juga bisa menular melalui sentuhan saat penderita tidak menjaga kebersihan. Seperti contohnya saat orang yang mengidap penyakit muntaber ini memberikan makan kepada seorang anak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah buang air besar.

Hal itu lah yang menyebabkan sang anak bisa cepat sekali tertular penyakit muntaber ini. Meskipun hal ini sangat lah jarang terjadi. Banyak kasus ketika anak terkena penyakit muntaber ini karena terkena racun atau efek samping obat – obatan tertentu yang mereka konsumsi.

Penyakit muntaber biasa menyerang bagian perut terutama saluran pencernaan seperti usus dan lambung. Dimana muntaber akan menyebabkan peradangan di dalam dinding saluran pencernaan. Dan biasnya akan muncul gejala seperti mual, muntah, serta diare yang terus menerus serta penurunan nafsu makan.

Serangan penyakit ini akan membaik dalam 2 hari sampai 4 hari, tapi diare masih bisa terus berlangsung selama 10 harian.Saat penyakit ini menyerang anak – anak bisa menyebabakan tubuh anak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Langkah Mencegah Muntaber Anak Dirumah

Kamu harus selalu sigap dan waspada bila anak terkena muntaber saat dirumah. Kamu hanya perlu memperhatikan beberapa langkah sederhana mencegah muntaber anak berikut ini :

1. Isirahat Yang Cukup

Waktu anak kamu sakit muntaber ini ajaklah mereka untuk istirahat yang cukup atau mungkin lebih lama dari biasanya. Langkah ini untuk mempercepat waktu pemulihann. Kamu harus buat anak dalam kondisi senyaman mungkin agar anak tidak rewel. Bila anak kamu sudah masuk sekolah Judi Slot maka mintlah surat ijn dokter untuk meminta ijin dan supaya teman – temanya tidakk tertular.

2. Berikan Minum Yang Banyak

 Langkah selanjutnya adalah jangan biarkan anak kamu mengalami dehidrasi akibat muntaber ini. Sering – seringlah kasih mereka minum agar dia tidak merasa lemas setalah mual muntah dan sering buang air besar. Untuk yang masih ASI juga dianjurkan selalu memberikan ASI nya sedikit demi sedikit. Untuk mencegah diare yang terus menerus kamu juga bisa memberikan ramuan oralit untuk menguranginya.

3. Berilah Makan – Makanan Yang Tepat

Memberi makan – makan yang tepat dan bergizi juga berguna untuk meningkatkan kekuatan sang anak dan agar cepat untuk puih. Pilihlah makanan – makanan yang bertekstur lembut supaya mudah dicerna. Saat masa pemulihan seperti ini anak tidak usah diberi makanan yang memiliki kadar lemak dan gula yang tingi.

4. Jangan Sembarangan Memberikan Obat Diare

Bila anak kamu terjangkit muntaber ini kamu tidak usah terburu – buru untuk membelikan obat khusus diare. Pemberian obat ini berlaku hanya untuk anak yang berusia 12 tahun keatas. Untuk perwatan lanjutan kamu boleh membawanya ke klinik atau bidan terdekat agar diberikan resep obat yang ccock.

Bila langkah mencegah muntaber anak tidak maksimal dan malah bertmbah parah sebaiknya segera di bawa keklinik kesehatan saja,semoga ulasan ini membantu ya.