Mengenal Amdal Sebagai Analisis Dampak Lingkungan

Yorksundaynews – Kalau membahas mengenai perizinan, pasti kamu sudah sering mendengar istilah amdal. jadi amdal ini merupakan akronim dari sebuah analisis terhadap dampak lingkungan. Pentingnya amdal bagi lingkungan adalah sebagai kajian atas dampak besar yang dihasilkan atas keputusan usaha atau kegiatan terhadap lingkungan hidup.

Tentang amdal ini sudah diatur berdasarkan dasar hukum PP Nomor 27 Tahun 2012 mengenai izin lingkungan hidup. Pemerintah menggunakan Amdal untuk membantu memutuskan apakah sebuah proyek itu layak dan aman terhadap lingkungan atau tidak.

Perlu kamu ketahui bahwa lingkungan ini tidak hanya alam saja tetapi juga berhubungan dengan aspek sosial masyarakat. kajian amdal ini disusun berdasarkan aspek sosial ekonomi, biologi, kimia, fisik, sosial budaya dan kesehatan masyarakat.

Jadi berdasarkan hal tersebut, amdal ini memiliki tujuan yaitu agar semua pembangunan atau berbagai kegiatan itu tidak berdampak negatif terhadap lingkungan. Jadi kegiatan dikatakan layak kalau memiliki dampak positif dan tidak ada dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Komponen Komponen Amdal Untuk Izin Lingkungan

Melihat pentingnya amdal bagi lingkungan, maka amdal sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu amdal tunggal dan amdal multisektor. Amdal tunggal merupakan amdall yang dilakukan dibawah satu instansi saja untuk melakukan satu kegiatan. Sementara amdal multisektor merupakan amdal yang memiliki kewenangan atas beberapa instansi.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa komponen amdal. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Andal

Andal pada amdal merupakan dokumen yang berisi mengenai telaahan terhadap dampak positif dari sebuah kegiatan. Nah, dampak-dampak yang sudah diidentifikasi ini nantinya akan ditelaah lebih detail menggunakan metodologi yang sudah disepakati.

  • Ka-Andal

Ka-Andal merupakan sebuah dokumen yang berisi mengenai kedalaman kajian dan ruang lingkup andal. Ruang lingkup pada kajian ini berisi berbagai dampak penting yang akan dikaji lagi lebih dalam.

  • Rencana pengelolahan lingkungan hidup

Pentingnya amdal bagi lingkungan maka dibutuhkan rencana pengelolahan lingkungan hidup. Jadi Rencana pengelolahan  lingkungan hidup ini berisi berbagai upaya untuk pencegahan, menanggulangi, mengendalikan dampak apa yang terjadi pada lingkungan. Nah, dengan demikian akan memaksimalkan dampak positif dan meminimalisir terjadinya dampak negatif terhadap lingkungan.

  • Pemantauan lingkungan hidup

Komponen selanjutnya adalah RPL atau rencana pemantauan lingkungan hidup. RPL ini bertujuan untuk memantau apakah ada perubahan lingkungan atau Judi Online tidak yang disebabkan oleh rencana kegiatan.

  • Ringkasan eksekutif

Ringkasan eksekutif amdal ini berisi dokumen ringkasan secara singkat mengenai hasil kajian andal. Jadi dokumen ini berisi mengenai ringkasan besaran dampak, upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.

Mengingat Amdal ini berhubungan erat dengan lingkungan sekitar maka digunakan untuk menghilangkan dampak negatif dari pembangunan dan aktivitas lainnya. selengkapnya berikut ini fungsi Amdal secara umum:

  1. Amdal digunakan sebagai perencanaan pembangunan suatu daerah yang sudah disusun.
  2. Adanya amdal dimanfaatkan pemerintah untuk membantu mengambil keputusan untuk mendapatkan izin atas dasar lingkungan.
  3. Amdal digunakan untuk menyusun sebuah rancangan rencana dan memberikan masukan untuk sebuah usaha.
  4. Menjaga lingkungan dari dampak pencemaran dan kerusakan.
  5. Menerapkan amdal menunjukkan sebagai bukti taat terhadap hukum.
  6. Nah, dengan perencanaan yang matang, dijamin usaha atau kegiatan bisa berlangsung untuk jangka panjang.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya amdal bagi lingkungan. Amdal sebagai instrumen yang digunakan sebagai pengelolaan lingkungan hidup. Nah, dengan amdal memiliki peranan penting dalam pengendalian dan pencegahan atas kerusakan lingkungan. Semua itu sudah tercantum dalam undang-undang dan peraturan pemerintah untuk menjaga lingkungan dari kerusakan.