Ini 5 Bukti Gondongan yang Perlu Kamu Kenali

Yorksundaynews – Saat kecil, apa kamu pernah merasakan gondongan? Penyakit ini mengakibatkan sisi pipi dan sekitaran rahang membesar. Selainnya bisa memunculkan ngilu, keadaan ini membuat pasiennya berasa tidak nyaman.

Walaupun umum terjadi pada anak-anak, tidak tutup peluang bisa dirasakan oleh orang dewasa. Hal yang harus dipahami ialah gondongan terhitung penyakit yang menyebar. Agar semakin mewaspadainya, kamu dapat baca pembahasan sekitar gondongan di bawah ini.

  1. Apakah itu gondongan?

Dikutip Mayo Clinic, gondongan sebagai infeksi virus yang mempengaruhi kelenjar pemroduksi air liur (kelenjar parotis), yang berada di dekat telinga. Gondongan bisa mengakibatkan bengkak pada salah satunya atau ke-2 kelenjar itu. Penyakit yang dikenal juga dengan parotitis atau mumps ini biasanya seringkali dirasakan oleh anak-anak.

Meskipun jarang ada, gondongan yang tidak diobati bisa mempunyai potensi memunculkan beberapa kompleksitas. Mayoritas kompleksitas itu mengikutsertakan infeksi dan bengkak di sejumlah anggota badan, seperti orchitis (infeksi pada testis), radang otak (ensefalitis), meningitis, pankreatitis, masalah pendengaran sampai keguguran pada ibu hamil.

  1. Disebabkan karena virus dan menyebar
    Diambil dari National Health Servis (NHS), gondongan disebabkan karena virus yang terhitung dalam paramyxoviruses. Saat seorang alami gondongan, virus beralih dari aliran pernafasan (hidung, mulut, dan kerongkongan) ke kelenjar parotis, di mana virus mulai mereproduksi. Ini mengakibatkan kelenjar membesar.

Gondongan dapat menyebar pada orang lain. Penebaran penyakit ini, misalkan lewat recikan air liur saat pasiennya batuk atau bersin, sentuh beberapa benda yang tercemar virus atau memakai perlengkapan makan yang serupa sama orang yang terkena.

  1. Tanda-tanda gondongan
    Tanda-tanda gondongan umumnya ada dalam kurun waktu dua minggu sesudah seorang terkena virus. Dikutip Healthline, tanda-tanda yang ada pada awal kemungkinan serupa dengan flu, misalnya :

Kecapekan
Pegal-pegal
Sakit di kepala
Kehilangan selera makan
Demam enteng

Kemudian, demam tinggi (capai 39 derajat Celcius) dan bengkak kelenjar air liur terjadi sepanjang sekian hari selanjutnya. Kelenjar itu kemungkinan tidak membesar sekalian, biasanya akan membesar dan jadi menyakitkan secara periodik. Pasiennya berasa ngilu saat kunyah atau menelan.

  1. Ketidaksamaan gondongan dengan gondok

Sama memunculkan lebam disekitaran tempat leher, gondongan berlainan dengan gondok. Sama seperti yang sudah disebut, keadaan ini disebabkan karena virus dan mengakibatkan bengkak pada kelenjar pemroduksi air liur (kelenjar parotis), berada di dekat telinga.

Dalam pada itu, gondok atau goiter sebagai pembesaran abnormal yang terjadi pada kelenjar tiroid. Kelenjar ini seperti kupu-kupu yang berada di pangkal leher, pas di bawah jakun. Mencuplik Mayo Clinic, pemicu umum dari penyakit gondok yakni kekurangan yodium pada makanan yang dimakan.

  1. Penyembuhan gondongan
    Gondongan disebabkan karena virus, hingga pemberian antibiotik tidak efisien. Biasanya, gondongan pada anak-anak dan orang dewasa bisa pulih sendirinya dalam beberapa minggu. Untuk kurangi merasa sakit dan ketaknyamanan, ada banyak cara yang bisa dilaksanakan, misalnya :

Istirahat yang cukup sampai tanda-tanda berkurang
Memperbanyak minum air putih
Minum obat penurun ngilu untuk menurunkan tanda-tanda
Memakai kompres hangat atau dingin untuk menurunkan ngilu pada kelenjar yang lebam
Tentukan makanan yang memiliki tekstur halus atau lunak, seperti bubur, sup atau kentang tumbuk
Menghindar minuman atau makanan asam karena bisa mengakibatkan kelenjar air liur berasa sakit
Disamping itu, pasien dapat lakukan karantina mandiri untuk menahan penebaran penyakit pada orang lain.

Berdasar info Pusat Pengaturan dan Penangkalan Penyakit Amerika Serikat (CDC), langkah menahan atau kurangi resiko anak terserang gondongan dengan penyuntikan vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella). Vaksin ini dipakai membuat perlindungan badan Judi Slot dari 3 penyakit yakni campak, gondok dan rubella. Anak-anak harus memperoleh dua jumlah vaksin MMR yakni jumlah pertama pada umur 12-15 bulan dan jumlah ke-2 pada umur 4-6 tahun.

Supaya terbebas dari beragam penyakit, penting untuk kita selalu untuk mempertahankan kesehatan, kebersihan diri dan sekitar lingkungan. Jika kamu alami gondongan dan tidak lebih baik dalam kurun waktu satu minggu atau tanda-tandanya berasa makin lebih buruk, seharusnya kontrol ke dokter untuk selekasnya memperoleh pengatasan yang akurat.