Kenali Gejala Sakit Gigi Geraham Yang Tumbuh

Yorksundaynews – Sakit gigi biasanya datangnya dirasakan tiba-tiba dan cukup mengganggu aktifitas.  Ketika sakit gigi mungkin Anda merasakan rasa ngilu di bagian gigi yang sakit.  Namun rasa sakit tersebut biasanya menjalar ke bagian tubuh lain seperti sakit kepala. Salah satu sakit gigi yang Agen Slot mungkin sering dirasakan ialah sakit gigi geraham tumbuh.

Pada beberapa kasus, sakit gigi geraham biasanya terjadi karena pertumbuhan geraham bungsu pada usia dewasa. Namun sebab lain yang paling umum ialah terdapat lubang pada gigi geraham Anda dan pembengkakan gusi.  Saat sakit gigi lebih dari dua hari Anda perlu memeriksakannya ke dokter.  Solusi berikut bisa Anda coba sebagai langkah darurat penanganan pada sakit gigi.

Gejala Sakit Gigi Geraham Tumbuh dan Solusi Cepatnya

Sakit gigi geraham umumnya disebabkan oleh impaksi yaitu kondisi dimana gigi geraham tertutup gusi. Dorongan dari gigi terjadap gusi menimbulkan rasa nyeri di area tersebut. Gigi geraham akan mencari ruang dan mendorong gusi untuk dapat tumbuh.  Saat proses ini terjadi, Anda mungkin merasakan nyeri di rongga mulut hingga pipi.

Jika sakit lebih dari tiga hari, Anda perlu memperhatikan apakah sakit gigi geraham tersebut disebabkan oleh impaksi. Jika benar demikian, sebaiknya segera konsultasi dokter. Impaksi yang didiamkan akan menaikkan risiko gigi tumbuh miring dan tidak rata. Berikut beberapa gejala lain dari sakit gigi geraham :

  • Tanda peradangan gusi di sekitar area gigi geraham yang tumuh. Gusi akan menunjukkan gejala berwarna kemerahan, rasa bengkak, hingga sakit saat mengunyah.
  • Adanya kerusakan pada gigi lain di sekitar gigi geraham. Biasanya gigi tumbuh bukan penyebab utama. Gigi lain disekitarnya mungkin juga bermasalah karena berlubang, atau infeksi gusi.
  • Infeksi berat akan membuat Anda sulit membuka mulut.
  • Terdapat tanda kista atau adanya tumor gigi. Penyebab satu ini jarang terjadi namun mungkin saja menyerang.  Kondisi ini disebabkan adanya kerusakan tulang alveolar di gigi, akar gigi yang terkikis dan mengenai saraf pada gusi.

Jika mengalami gejala sakit gigi geraham di atas dan Anda tidak bisa segera periksa ke dokter, beberapa solusi penanganan dan pencegahan Sakit Gigi Geraham Tumbuh berikut dapat Anda coba :

  • Ibuprofen, Obat Penghilang Nyeri

Salah satu obat penghilang nyeri sakit gigi yang mudah ditemukan di apotik ialah ibuprofen.  Obat satu ini bekerja mengatasi rasa sakit pada gigi geraham Anda. Obat pereda nyeri ini bisa Anda beli di apotik terdekat dan menjadi solusi cepat kurangi peradangan gigi serta gusi.

  • Kompres menggunakan Air Dingin

Kondisi sakit gigi yang datang mendatang menjadikan air dingin ini opsi termudah untuk Anda.  Anda dapat menempelkan air dingin atau sedikit es batu didalam handuk bersih ke area gigi geraham yang sakit. Air dingin berfungsi mengurangi bengkak. Kompres perlahan pada bagian yang sakit sampai rasa sakit mereda.

  • Berkumur Air Garam

Anda dapat membuat larutan air garam dengan menyampurkan air hangat dengan 2 sendok garam.  Gunakan air ini untuk berkumur dengan durasi 10-15 detik dan dilakukan berulang sebagai upaya pertolongan pertama pada sakit gigi.  Larutan air garam ini  berfungsi sebagai desinfektan alami pada infeksi Anda.

  • Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Selain tindakan pengobatan sakit gigi diatas, tindakan pencegahan sakit gigi juga penting. Salah satu cara termudah yang dapat dilakukan adalah memelihara kebersihan gigi dan mulut. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari menggunakan sikat gigi yang lembut. Jika perlu, tambahkan larutan kumur setelah menggosok gigi.

  • Periksa Gigi Berkala

Sisa makanan yang tertinggal pada gigi geraham masih Mpo88 mungkin terjadi walaupun sudah menggosok gigi. Sisa makanan ini akan mengundang bakteri dan infeksi. Pemeriksaan gigi minimal 6 bulan sekali dapat mencegah gigi berlubang dan infeksi gigi serta gusi.