Penyebab Dan 5 Cara Sembuhkan Kuku Cantengan

Yorksundaynews – Kondisi yang umum terjadi terkait kesehatan kuku adalah cantengan. Dimana kondisi ini terjadi karena salah satu bagian pada kuku masuk kedalam daging sekitar kuku. Lalu bagaimana cara sembuhkan kuku cantengan?

Kondisi cantengan cukup mengganggu dalam aktivitas karena menimbulkan nyeri dan sakit saat digunakan bergerak. Bagian paling sering terkena cantengan adalah ibu jari kaki. Apabila Situs Slot terjadi cantengan, perlu adanya penangan segera agar aktivitas kamu bisa berjalan normal kembali.

5 Cara Sembuhkan Kuku Cantengan

  1. Rendam Dengan Air Hangat

Untuk mengurangi bengkak dan rasa nyeri pada cantengan, kamu bisa menggunakan rendaman air hangat yang bisa ditambahkan dengan sabun. Caranya yakni dengan menuangkan sabun cair kedalam air hangat. Rendam kuku kurang lebih selama 20 menit setidaknya 3 kali sehari.

  • Rendam Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel mudah ditemui di toko-toko kecil sekitar rumah. Bahan alami cuka apel memiliki kemampuan yang baik sebagai antiseptic, antinyeri, dan antiperadangan. Rendam kaki dalam cuka apel dan campuran air hangat dalam waktu 20 menit lalu keringkan.

  • Oles Salep

Selain dengan rendaman cuka apel atau sabun, kamu juga bisa menggunakan salep khusus untuk cantengan. Salep khusus cantengan akan mempercepat dalam menyembuhkan cantengan dan juga membantu mengurangi kemungkinan risiko infeksi. Perhatikan juga bagaimana cara penggunaan salep pada kemasan obat.

  • Gunakan Kostum Kaki Yang Sesuai

Cantengan seringkali terjadi karena kesalahan memakai kostum kaki. Kaos kaki atau sepatu yang terlalu kecil sehingga sempit dapat memicu terjadinya bengkak pada kuku atau cantengan. Penggunaan kostum kaki yang sesuai akan mencegah dan mengurangi efek cantengan.

  • Minum Obat Pereda Nyeri

Cara sembuhkan kuku cantengan yang terakhir adalah dengan minum obat pereda nyeri. Terkadang cantengan juga menimbulkan nyeri yang teramat sehingga membuat sangat tidak nyaman, obat pereda nyeri bisa jadi solusi.

Dengan 5 cara diatas, apabila cantengan tidak juga membaik, kamu bisa konsultasikan pada dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang cantengan yang sedang kamu alami. Di beberapa kasus, cantengan juga seringkali dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja sampai bisa sembuh sendiri. Padahal cantengan juga bisa menjadi kronis dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh apabila sampai terkena infeksi.

Penyebab Cantengan

  1. Memotong kuku dengan cara yang tidak tepat yakni terlalu pendek atau sampai pada menembus bagian kuku pinggir.

  2. Menggunakan kostum kaki yang tidak sesuai, yakni terlalu kecil dan sempit. Keadaan demikian akan membuat kuku tertekan sehingga menyebabkan kuku tumbuh kedalam daging.

  3. Kaki kurang bersih atau menggunakan kaos kaki saat kaki masih basah. Pastikan untuk rajin mencuci tangan dan kaki agar kuku juga bersih.

  4. Mengalami cedera pada kuku seperti tersandung, menerima tekanan berulang, atau tertimpa benda berat.

  5. Bentuk kuku yang tidak biasa misalnya melengkung. Hal demikian akan membuat kuku rawan tumbuh kedalam daging.

  6. Adanya infeksi karena jamur pada kuku.

Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan bersih, kamu harus rajin melakukan pembersihan dan pengecekan pada kondisi kuku. Kebersihan yang terjaga, akan membantu kuku juga tumbuh sehat.

Membiarkan kuku kotor dan lembab akan menyebabkan kuku rawan terkena cantengan atau bahkan infeksi jamur kaki. Rajinlah membasuh kaki dan tangan dengan air hangat Mpo88 untuk membunuh kuman yang masih menempel.