Tips Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Herbal

Yorksundaynews – Kita semua setuju bahwa sakit tenggorokan bisa muncul tiba-tiba terutama di musim penghujan. Misalkan saja disaat Anda sedang doyan makan gorengan atau sekedar imunitas sedang turun. Apapun penyebabnya sakit tenggorokan akan membuat penderitanya Situs Slot tidak doyan makan dan minum. Anda yang sedang mengalami penyakit tersebut perlu mengetahui tips mengobati sakit tenggorokan.


Tips Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami


Setiap kali Anda mengalami sakit tenggorokan tidak ada salahnya untuk mencoba dari yang alami dahulu. Jangan sedikit-sedikit langsung beli obat ke apotek atau pergi berkonsultasi ke dokter. Terdapat beberapa tipsnya yang bisa Anda lakukan guna meredakan sakit tenggorokan.

  1. Teh Chamomile
    Berdasarkan Health Kompas, teh chamomile memiliki kandungan anti inflamasi dan efek menenangkan. Masyarakat tradisional sudah menggunakan pengobatan tersebut guna meredakan inflamasi di tenggorokan. Cara untuk mengobati peradangan di tenggorokan adalah dengan menghirup uapnya.


    Namun Anda juga bisa saja meminum tehnya. Agar efek yang diberikan oleh tehnya semakin baik maka Anda bisa menggantikan rasa manis gula pasir dengan madu. Minum secara rutin sehari sekali dan Anda akan merasakan lambat laun sakit tenggorokan menghilang.

  2. Minum Susu Kunyit
    Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk meredakan sakit tenggorokan adalah meneguk susu kunyit. Anda bisa mencoba dengan mengambil sejumput kunyit bubuk. Gunakan sepucuk sendok saja dan tuangkan ke dalam susu sangat.


    Aduk-aduk sampai tidak ada bubuk kunyit yang menggumpal dan menyatu dengan baik di susu hangat. Kandungan antibakteri dari kunyit sangat dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab sakit tenggorokan. Anda bisa mengulangi minum susu ini lebih dari sekali seperti di pagi hari dan sebelum tidur.

  3. Minum Jus Alpukat
    Anda mengalami sakit tenggorokan dan itu sangat menyebalkan. Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk minum jus alpukat. Pada proses penghalusan dengan menggunakan blender Anda usahakan tidak menggunakan gula pasir. Anda dapat memilih untuk menggunakan madu saja karena justru lebih alami dan tidak mengandung pemutih seperti yang ada pada gula.


    Alpukat mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh dan berfungsi meredakan iritasi tenggorokan. Anda bisa mencoba minum jus alpukat ini berkali-kali dalam sehari.

  4. Meneguk Air Jahe
    Tips lain yang dapat Anda tempuh demi menghilangkan iritasi tenggorokan adalah meneguk air jahe. Kandungan pada air jahe mampu membunuh bakteri yang memacu iritasi pada tenggorokan. Tidak ada salahnya juga Anda mengkombinasikan air jahe dengan madu sebagai pemanis alami.


    Berdasarkan Halodoc, air jahe juga mampu berguna meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di dalam air jahe terdapat magnesium maupun vitamin C. Selain mengandung kedua jenis zat tadi, air jahe juga mengandung banyak jenis antioksidan. Beberapa antioksidan tersebut yakni shogaols, gingerols, dan juga zingerones.

  5. Meneguk Peppermint
    Cara yang dapat Anda tempuh dalam rangka meredakan sakit tenggorokan secara alami adalah menggunakan minuman yang dicampuri peppermint. Kandungan mentol yang ada di dalamnya akan membantu mengurangi reaksi tubuh mengeluarkan lendir di tenggorokan.


    Selain itu di dalam peppermint juga terkandung antivirus, antibakteri, dan juga anti-inflamasi. Bagi Anda yang berniat menggunakan minyak esensial peppermint pastikan untuk menggunakan sedikit saja dan dicampur dengan minyak lainnya. Misalkan saja dikombinasikan dengan menggunakan minyak zaitun maupun minyak almond manis.

  6. Minum Air Madu
    Cara paling sederhana yang tidak ribet untuk meredakan sakit tenggorokan adalah mengkonsumsi air madu. Ketika mengencerkan madu ke air pastikan tidak Mpo88 menggunakan air panas. Air panas justru akan merusak kandungan vitamin C pada madu.