Aturan Dan Cara Diet Menurut Ajaran Islam

Aturan Dan Cara Diet Menurut Ajaran Islam

Yorksundaynews – Penyebab utama berat badan berlebih atau gemuk biasanya adalah pola makan tidak sehat dan berlebihan. Di mana dalam islam pun sudah dijelaskan bahwa kebiasan tersebut sangatlah tidak baik. Karena selain menyebabkan berat badan berlebih, juga bisa Judi Slot mengundang berbagai penyakit untuk datang. Bagi kamu yang memiliki masalah berat badan atau kesehatan, bisa mencoba diet menurut ajaran Islam.

Dijamin bebas efek samping dan lebih aman. Bagaimana caranya? simak informasi lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

7 Cara Diet Menurut Ajaran Islam

Untuk mendapatkan tubuh sehat dan ideal, Islam memiliki 7 cara paling ampuh. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya!

  1. Awali Dengan Niat

Allah SWT memerintahkan umatnya untuk mengawali setiap kegiatan dengan niat, tak terkecuali dengan diet. Luruskan niat hanya kepada Allah SWT, dengan tujuan dalam hal kebaikan. Seperti mengurangi risiko obesitas dan penyakit berbahaya lainnya.

Tidak hanya untuk masalah kesehatan, niat diet juga bisa untuk hal keindahan. Agar penampilan seorang istri lebih menarik di depan suami. Jika semua hal dilakukan dengan niat yang ikhlas dan baik, niscaya upaya diet akan dilancarkan oleh Allah SWT.

  • Melaksanakan Sholat

Tahukah kamu bahwa sholat juga berdampak pada diet yang sedang dijalankan? Ya, sholat yang terdiri dari beberapa gerakan, seperti ruku, sujud, dan berdiri sama halnya dengan olahraga. Dengan rutin melaksanakan sholat fardhu dan sunnah, lemak yang menumpuk bisa dibakar secara rutin.

Selain membakar lemak, gerakan sholat juga dipercaya mampu melancarkan peredaran darah. Sehingga mengurangi risiko penumpukan lemak dan penyakit berbahaya lainnya.

  • Melaksanakan Puasa

Puasa menjadi cara ampuh untuk menurunkan berat badan dalam ajaran islam. Puasa artinya menahan hawa nafsu dari waktu imsak hingga maghrib. Nafsu ini juga termasuk dalam makan dan minum. Sehingga umat islam dilarang makan dan minum dalam waktu yang telah ditentunkan.

Daripada harus melakukan diet ekstrem yang berbahaya, lebih baik kamu rutin melaksanakan puasa baik wajib maupun sunnah. Selain bisa menurunkan berat badan, dengan berpuasa juga bisa menambah pahala.

  • Konsumsi Makanan Halal

Allah SWT telah mengatur segala hal untuk umatnya, termasuk masalah makanan. Di mana Allah memerintahkan umat Islam untuk mengonsumsi makanan yang halal. Perintah ini tercantum dalam surat An-Nahl ayat 114.

Makanan yang tergolong halal sudah tentu baik dan aman untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan halal, juga mengacu pada pola makan sehat.

  • Tidak Makan Berlebihan

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa penyebab utama kegemukan adalah konsumsi makanan berlebihan. Hal ini juga dijelaskan nabi Muhammad bahwa makan berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Bahkan Nabi Muhammad juga menyarankan agar umatnya berhenti makan sebelum merasa kenyang dan makan sebelum merasa lapar.

Seruan tersebut juga bisa dibuktikan dalam penelitian ilmiah. Di mana manusia akan cenderung lebih rakus untuk makan ketika keadaan lapar. Sehingga makan pun menjadi tidak terkontrol.

  • Tidak Tidur Setelah Makan

Satu lagi himbauan islam dalam urusan diet yaitu tidak tidur setelah makan. Poin ini juga berhubungan dengan nomor 5, di mana ketika makan berlebihan tubuh cenderung menjadi lemas dan ngantuk. Maka tak heran lemak akan menumpuk di dalam tubuh. Makanan pun juga tidak bisa dicerna dengan sempurna, dan memicu asam lambung naik.

  • Perbanyak Air Putih

Cara ampuh diet menurut ajaran islam terakhir adalah mengonsumsi banyak air putih. Seperti yang diketahui bahwa tubuh manusia 70% terdiri dari air. Sehingga jika kekurangan cairan, tubuh akan menjadi lemas dan dehidrasi. Terapkan kebiasaan minum 8 liter setiap hari agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai 7 cara diet menurut ajaran islam. Dengan mengikuti setiap langkah di atas, niscaya usaha diet akan berjalan Mpo88 dengan lancar dan aman. Kamu juga akan mendapat banyak pahala karena menjalankan perintah Allah SWT dan nabi Muhammad SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published.